7 Jul 2012

7 Alasan Mengambil Kuliah Di Jurusan Musik

Malu jadi mahasiswa jurusan musik??? Malu sama temen kalian yang lain yang jurusannya dokter, hukum, dan ekonomi?? Berikut ini adalah 7 alasan kenapa kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin menjadi mahasiswa musik : 
  1. Meningkatkan kualitas musik kita. Dengan kita kuliah di jurusan musik tentunya akan berpengaruh kepada kualitas musikalitas kita, karena mau tidak mau jam untuk latihan harus ditambah guna mengimbangi tuntutan kuliah.
  2. Menjadikan kita musisi akademis. Dengan kuliah musik tentu kita diwajibkan bisa membaca partitur musik, dan itu membuat kita menjadi musisi akademis. Tidak hanya mengandalkan skill bermain, tapi saat dihadapkan dengan partitur musik, kita bisa mengatasinya.
  3. Mengasah kemampuan kita menciptakan karya – karya yang berkualitas. Dengan ilmu dan materi yang didapat dari kuliah musik, kita jadi tau langkah – langkah maupun standar dalam menciptakan musik yang baik.
  4. Menambah relasi atau link ke musisi yang lain. Pergaulan jika kita kuliah di jurusan musik tentunya adalah dengan musisi – musisi juga. Jadi nantinya kita sudah mempunyai pegangan link yang kuat saat kita lulus.
  5. Mendapatkan penghasilan sendiri walaupun masih kuliah. Dengan relasi yang sudah dibangun di kampus, kita sudah bisa mencari uang sendiri saat masih kuliah. Dengan contoh : maen di orkestra, mengiringi pertunjukan seni, café ke café, acara pernikahan dan masih banyak lagi. Dengan sekali main saja bayarannya cukup buat makan mahasiswa selama sebulan. Hehehehe
  6. Lapangan kerja yang luas. Kata siapa lulusan musik tidak memiliki lapangan kerja yang luas?? Justru musik memiliki lapangan kerja yang sangat luas, antara lain pemusik, pengajar, penulis, kritikus, pengamat, soundman, dll. Sangat banyak dan tidak akan habis dibahas di sini, karena memang musik adalah kebutuhan manusia secara terus menerus.
  7. Dan yang terakhir dan paling penting. Kita menjadi mahasiswa yang keren jika menjadi mahasiswa musik dibandingkan dengan jurusan yang lain. Wkwkwkwk
Oleh karena itu, kalian ga perlu lagi untuk ragu masuk ke dunia musik.
Selamat datang teman!!!

Artikel Menarik Lainnya

95 komentar:

  1. saya lagi bingung nih, saya sekarang kelas XII SMA. bingung memilih antara kuliah di jurusan teknik industri atau kuliah jurusan musik,
    sebenarnya lebih cenderung memilih jurusan musik, tapi kemampuan dalam memainkan alat musik saya bisa dibilang masih sangat dasar :(
    saya bingung, apakah saya mampu menekuni dibidang tersebut.
    mohon kasih solusi :)

    BalasHapus
  2. saya lagi bingung nih, saya sekarang kelas XII SMA. bingung memilih antara kuliah di jurusan teknik industri atau kuliah jurusan musik,
    sebenarnya lebih cenderung memilih jurusan musik, tapi kemampuan dalam memainkan alat musik saya bisa dibilang masih sangat dasar :(
    saya bingung, apakah saya mampu menekuni dibidang tersebut.
    mohon kasih solusi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, bulatkan tekad dulu kalau mau ngambil jurusan musik. Karena rata-rata pendidikan musik cenderung mahal, antara lain yah bayar kuliah dan perlengkapan musik kita sendiri. Jangan sampai uang yang udah dikeluarin nantinya jadi sia-sia karena berhenti di tengah jalan.
      Kalau sudah yakin mulai memperdalam instrumen mulai hari ini, toh kamu masih punya waktu beberapa bulan buat mulai belajar membaca partitur dan lain-lainnya. Percaya aja kalau dalam belajar tidak ada kata telat.
      Sedikit cerita dari saya, dulu saat masuk kuliah saya sama sekali belum bisa memainkan contrabass, cuma bermodalkan sedikit kemampuan membaca part dan sedikit tehnik bass elektrik. Namun sekarang masih bisa bertahan di musik dan bisa dapet penghasilan yang lumayan dari main contrabass. :)

      Hapus
    2. gitu yah, perlengkapan musik yang dibutuhkan apa aja sih berdasarkan pengalaman dari kaka?
      prospek kerja bidang seni menjanjikan ngga sih menurut kaka pribadi?
      keseharian dalam kuliah di jurusan musik itu gimana sih ka & mata kuliahnya apa aja?
      maaf sebelumnya banyak tanya, tapi saya memang ingin benar2 tau :)

      Hapus
    3. oh iya, kaka lulusan dari universitas mana ya?

      Hapus
    4. Perlengkapan musik yang dibutuhin paling penting yah instrumen mayor yg kamu pilih. Bwt instrumen lain klw pengen nyobain bisa minjem sama kampus biasanya.
      Trus klw buat prospek kedepan sebenernya banyak bgt, tp balik lagi ke orgnya, seberapa giat dan seberapa banyak link yang dia punya. Kita kan maen musik ga sendiri, jd yg namanya temen tuh butuh bgt.
      klw mata kuliahnya selain praktek ada jg teori sampai sejarah seputar musik. Intinya sih klw kuliah musik ga bakal bosen, krn kita bisa belajar sambil bergembira. :D
      Oia, saya masih kuliah di IKJ, skrg baru semester 7. Mungkin klw kamu masuk IKJ tahun depan kita bisa ketemu. hehehe

      Hapus
    5. wew, jadi gtu yah. jadi seumpama instrument yang kita pilih piano, jadi kita harus punya grand piano gituh?
      tapi yang jadi masalah adalah, sampai saat ini pun saya masih mengalami kesulitan dalam membaca partitur. mungkin dalam seiring berjalanya waktu, saya rasa saya mampu. namun ada ketakutan2 yang membayang bayangi saya kalo2 nanti ketika saya berada pada bidang tersebut saya tidak mampu mencapai titik maksimal karena persiapan yang kurang maksimal pula :(
      weh weh... bukanya di IKJ biyayanya terbilang mahal iaa.. hehe :)
      yang ada di gambaran saya sih pengen masuk ISI aja, itu pun masih sekedar gambaran aja sih. hehe

      Hapus
    6. Wah, ga mesti grand piano jg, upright piano atau keyboard jg udah cukup sebenernya. Tapi ga bisa dipungkiri klw punya instrumen pribadi pasti bakal jd nilai plus buat waktu latihan, karena kan ga setiap jam kita bisa latihan di kampus.
      untuk pencapain kata maksimal dalam belajar, menurut saya ga ada batasnya. Karena kita kan belajar sepanjang hidup. Ga ada musisi yang berhenti belajar setelah dapet gelar sarjana. Jadi intinya pencapaian kata maksimal bisa didapat kalau kita sudah meninggal. :D
      Wah bagus klw mau masuk ISI, selain biaya hidup disana murah, pendidikanya jg bagus bgt. Saya doakan semoga diterima. Selamat datang di dunia musik.

      Hapus
    7. kak,, ajarin baca partitur dong :(
      susah nentuin tempo2nya

      Hapus
    8. Waduh, gmn ngajarinnya?? Kamu coba baca posting-posting saya saja. Baru kalau ada yg ga ngerti bisa ditanya. Untuk tempo, coba latihan pake metronome. Penting tuh latihan pake metronom. :)

      Hapus
    9. Kuliah seni bagusan LKJ atau ISI kak

      Hapus
  3. lewat media kayak youtube kak, hehee
    help me :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, untuk video materi memang belum ada di youtube. Tapi kalau kamu mau belajar musik bisa dateng ke pasaraya grande lt.3. Kakak ngajar teori musik di sana. :)

      Hapus
  4. di jurusan seni musik IKJ ada konsenterasi apa aja ya, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada perminatan komposisi, vokal, sama instrumen. Nah yang instrumen itu banyak, tergantung kamu maunya ngambil mayor apa. Contohnya biola, gitar, atau perkusi. :)

      Hapus
  5. Kak saya sebenernya ada minta bgt di musik , cuma ortu gk mendukung bwat kuliah musik , jdi sarannya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga punya specialyty di gitar , bass(dasar) sma drum !! tpi ortu juga gk mendukung !!

      Hapus
    2. Wah, kasus kaya gini emang banyak banget. Kakak dulu juga ga didukung buat kuliah musik. Itu tergantung gimana kamu ngeyakinin orang tua kamu aja. Banyak faktor kenapa orang tua ga dukung anaknya kuliah musik, salah satunya adalah pergaulan dan lingkungan musisi. Jadi coba diomongin baik-baik dulu, coba yakinin kalau kamu beneran serius di bidang ini. :)

      Hapus
  6. Aku mau nanya dong, aku bingung bgt cari jati diri menemukan jurusan yg cocok. Tp ternyata ga bisa di pungkiri aku emang ke musik.
    Tadinya mau UNJ karna setauku ada jurusan seni musik.
    Dan aku baru tau kalo itu jurusan untuk jadi guru.
    Pdhl aku punya keinginan untuk jadi musisi akademis yg jago main musik. Hehe
    Ada masukan ga? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kuliah di UNJ sebenernya ga ada masalah kok, tetep bisa menjadi musisi yang akademis. Mungkin memang diprioritaskan untuk jadi pengajar, tapi kan tetep aja kita yang menentukan mau apa nantinya kita di dunia kerja. Contohnya banyak juga kan sarjana hukum yang bekerja di luar jurusannya. Intinya gini, semua kampus dengan jurusan musik bakal bikin kamu jd musisi yang akademis, namun ga ada yang bisa menjamin kamu nantinya bakal jadi musisi. Bisa pengajar, penulis dan sebagainya. :)

      Hapus
  7. Kak? Kalau kuliah jurusan musik itu harus wajib bisa baca not ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus bisa, karena materi kuliahnya memang berhubungan dengan not balok. :)

      Hapus
  8. Mau tanya dong misalkan kita belum ada kemampuan dibidang musik tp ingin masuk kuliah musik kira2 persiapan nya itu apa ajah ? Terus klo kuliah musik itu kita bisa belajar semua nya atau satu yg kita pilih ajah ?
    #kasih masukan , haha biar ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk persiapan yg pokok seperti pemahaman pada not balok dan pendalaman instrumen yang nantinya akan dipilih.
      Kita ga belajar semua instrumen, materi kuliah biasanya ada mayor (intrumen utama pilihan kita), minor(instrumen tambahan pilihan kita), wajib (biasanya piano atau gitar, tergantung kampusnya). :)

      Hapus
  9. berarti itu kita wajib harus mehami not dulu ya ?
    kamu msih kuliah ?
    instrumen tmbahan itu biasa nya emng cuma dua ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang harus memahami not balok dulu kakak. Paling tidak kita mengerti secara teori.
      Benar, saya masih kuliah.
      Biasanya mata kuliah minor (intrumen tambahan) sampai 3 atau 4 semester, jadi jika ingin tiap semester pindah-pindah instrumen minor bisa saja. Tapi instrumen mayornya tetap dan tidak bisa pindah-pindah.

      Hapus
    2. Kalo kita nggk bisa baca not balok , dari keahlian emng nggk dinilai ?
      Kamu kuliah nya dimana ?

      Hapus
    3. Dari keahlian juga dinilai, namun kalau ga bisa baca not balok pasti penilaiannya akan berkurang. Contohnya peserta 1, nilai membaca not balok "B", keahlian "B", sight singing "B". Dengan peserta 2, nilai membaca not balok "E", keahlian "A", sight singing "E". Pasti prioritas kelulusan ada di peserta 1, walaupun keahliannya di bawah peserta 2. :)
      Saya kuliah di IKJ. :)

      Hapus
    4. Oh brrt hrs private dlu , klo private itu dajarin nggk cara baca not balok nya ?
      Tes nya cuma itu doang ya ?
      Oh di IKJ , saya mau masuk ISI jogja , udh semester brpa ?

      Hapus
  10. kak, kalo mau masuk jurusan musik itu yang di tes apa ya? hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin di setiap kampus beda-beda dan punya standar kelulusan sendiri. Tapi dari pengalaman saya tes ujian masuk jurusan musik antara lain, praktek, sight singing, dan sight reading. :)

      Hapus
  11. halo ka, ka aku mau nanya dong..aku itu suka bnget sama musik, wktu smp juga aku ikutan marchingband dan alat yg aku pgang itu snare, tpi stlah smk aku udh ga maen lgi jdi udh mulai lupa cra mainnya, aku juga ga bsa nyanyi trus ga bsa main alat musik lagi, tpi pngen msuk jurusan musik klo kuliah nanti..itu gmna ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, jarang nih yang kaya gini. Udah lama ga maen musik tapi mau kuliah musik. Emang udah yakin sama pilihannya?? Coba yakinin pilihan kamu dulu, kuliah musik itungannya mahal loh. Belum beli alatnya.

      Bukan mau memupuskan harapan atau mimpi kamu, tapi ada baiknya dipikirkan matang dulu. Kalau memang udah yakin ingin kuliah musik, mulai belajar musik dari sekarang. Coba buat kejar ketertinggalan kamu di musik. :)

      Hapus
  12. kak aku kan udh kelas 3 nih,pingin nya kuliah di ISI. tapi abis lulus g bs langsung kesana.lanjut disini dulu. kalo ntar ngelanjutin di ISI bs g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa donk, kan ga ada kata telat untuk belajar. :)

      Hapus
  13. Ka aku galau nih musik atau tari ya?

    BalasHapus
  14. Kak, apa kalo semisal masuk jurusan musik harus wajib bisa nyanyi (suaranya bagus) ? Semisal udah bisa menguasai 1 jenis alat musik + baca not balok tapi suaranya jelek, tapi nggak buta warna itu gimana? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara ga bagus gpp kok, emang itu kan sudah karunianya. Yang penting pitch'nya pas. :)

      Hapus
  15. Halo, panggil kk aja deh secara kayaknya lebih tua setahun kalo dilihat dr perkuliahannya. Saya baru semester 7 nih tapi bukan jurusan musik.
    Kak, tau informasi beasiswa S2 di bidang musik gak? Kalo bisa study abroad :D
    Pengen bgt nih walo skill cm secuil... Hehe..

    Btw, kk punya soundcloud gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuliah S2 untuk musik sekarang udah banyak kok. Jadi ga perlu khawatir. :)
      Di IKJ sendiri udah ada program S2 untuk musiknya.

      Saya ga punya soundcloud pribadi, adanya bareng band. Hehehehehe
      :D

      Hapus
  16. halo kak. mau tanya donk.. saya kelas XII niatnya sih mau masuk Musik, saya bisa nyanyi, prestasi juga lumayan,, not angka ok, not balok lumayan, tapi gak ada alat musik yang menguasai, itu gimana kak ? mohon bantuannya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau membaca not udah oke, sekarang tinggal perdalam instrumennya aja. Untuk vokal lebih direkomendasikan ke piano. Ga harus maestro, yang penting bisa ngiringin diri sendiri nyanyi. :)

      Hapus
  17. Bro ini gw niat bnget...tpi bisa dibocorin gk gw pgn ambil mayor gitar classic biaya brap sih skrng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk di IKJ biaya per semesternya 6 juta.

      Hapus
  18. hai ka, saya pgn bgt masuk musik. saya skrg masih kelas XI, masih ada setahun lg buat belajar. kira2 apa yg perlu saya pelajari ya ka supaya bisa masuk musik? ohiya, saya jg sudah bisa sedikit2 dlm bermain gitar tapi cuma gitar aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah bisa maen gitar, sekarang tinggal belajar baca partitur. :)

      Hapus
  19. Saya mau brtanya, dari sekalian alumni ikj jurusan musik, udah brp orang yg berhasil mnjadi musisi trkenal? Saya skrg ikut teacher training di yamaha musik slama stahun. Nanti saya lulus jd guru musik. Saya mau lanjut kuliah tp masih mikir2. klo ujung2'a jd guru sya lbih baik gk usah lanjut kuliah musik

    BalasHapus
  20. Batasan umur untuk kuliah musik ada ga? Saya sekarang umur 32 apa masih bisa kuliah di ikj atau kampus musik lainnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan untuk terus belajar kok.

      Hapus
  21. hai kak,' mau nanya, kalo mau masuk jurusan musik itu harus tau not balok ya? ga boleh cuma not angka aja? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua-duanya sama-sama perlu, tapi lebih perlu not balok. :)

      Hapus
  22. mau nanya doong... Awal masuk kuliah musik itu ngapain aja? Apa mempelajarin dari awal banget lagi tidak? Mohon dijawab. Terima kasih:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari awal sampe lulus yah materi belajarnya yah lebih banyak tentang musik. :)

      Hapus
  23. Aldy Topandean...

    Hai kak, mau tanya, kalau di IKJ untuk Seni Musik ada jurusan khusus untuk Vokal gak yach, soalnya saya berminat dan bakat saya adalah sebagai seorang Vokalis, untuk alat musik yang tidak menguasai? Mohon jawaban dan penjelasannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mayor vokal ada kok, biasanya vokalis minimal butuh satu pegangan intrumen yang dia kuasai. Lebih bagus lagi kalau intrumennya piano. :)

      Hapus
  24. Kak mau tanya dong, saya juga pengen masuk jurusan musik. Pingin di IKJ biar bisa tinggal di rumah aja. Tapi emangnya di IKJ termasuk mahal ya? IKJ itu semacem PTN gitu gaksih? Terus kalo mau instrumen mayornya piano, harus udah jago gak? Saya bisa sih main piano, dan emang udah lama banget belajarnya, tapi kayaknya masih biasa aja.
    Oiya terus di IKJ ada instrumen apa aja? Terompet ada gak? Saya juga rada bisa main terompet soalnya.
    Kalo jurusan musik banyak diajarin soal bikin aransemen lagu nggak kak? Soalnya saya pingin banget bisa aransemen lagu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mahal itu relatif yah, tapi kalau dibandingin sama PTN, IKJ bisa dibilang cukup mahal. Intrumen trumpet ada kok.
      Kalau aransemen juga diajarin, masuk mata kuliah orkestrasi. :)

      Hapus
  25. Bro gw umur 26
    Gw pengen bgt masuk.akdmi.musik.ikj..tp.gw sama skali.ga.bsa baca not balok. Gw otodidak..kira2 lulus tes ga ya.
    ?? Blz y

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak akan pernah tau kalau belum dicoba

      Hapus
  26. kak, aku minat masuk ikj.
    bisa piano sama alat tiup.
    tapi, klo mau ambil mayor lain macem alat gesek seperti contrabass, kan sama sekali ga bisa, boleh ga dari 0 kalo ambil mayor?
    ga punya contra juga, ada nya electric bass (ga bs maen jg).

    boleh ga ya kalo belom punya alatnya??
    klo tes masuk tesnya gimana?

    ada mos ga? ga ada senioritas kan?
    soalnya sekolahku seniortas.

    bales ya kak makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang bisa melarang kita buat main instrumen apa, namun setiap institusi pasti punya kebijakan dan standarnya sendiri. Saran saya lebih baik ikutin kata hati aja, masalah lulus atau tidak yang penting sudah mencoba.

      Hapus
  27. Kak,mau nanya,,
    Kalo cuma bisa maen drum aja bisa gak masuk fakultas musik???
    Sebenarnya saya otodidak tapi mau les musik bwt belajar baca notnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saya pun cuma bisa main bass saja tidak bisa main instrumen lain.

      Hapus
  28. Minor di ikj ada saxophone ga?

    BalasHapus
  29. kak, misi mau nnya.. kalau lulusan STM bsa gak kak msuk k seni musik tu? aku pngen bnget jurusan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saya punya juga teman yang lulusan STM.

      Hapus
  30. ass.. maaf saya mau nanya, menurut anda perkuliahan yg berkualitas dan alumni nya jos jos semua di bandung itu apa nama perkuliahan musik nya? saya baca di stsi ga ada jurusan musik di website nya.. apa bener? fast respon ya saya masih kelas 2 SMA ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk STSI saya tidak mau berkomentar karena memang saya kurang tau. Untuk masalah kampus apa yang bagus, balik lagi ke personal masing-masing. Kampus tidak menjamin masa depan mahasiswanya.

      Hapus
  31. Haloo, aku suka sama musik, dan kepikiran akan kuliah musik. Aku bisa main piano & gitar tp kunci2 dasar pop aja, bukan yang classic gitu. Aku juga udah punya pengalaman nyiptain 7 lagu, kalau masalah vocal sih aku kurang handal, aku bercita2 jadi songwriter aja. Kalau di IKJ itu ada mata kuliah songwriting gt gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal yang bagus jika sudah bisa menciptakan karya. Untuk masalah mata kuliah songwriting tidak ada tapi ada mayor komposisi. Nah sekarang cari tau dulu apa bedenya song writer dengan composer :)

      Hapus
  32. saya bingung nih mau kuliah di jurusan mana.. saya anak ips.. tapi ngga suka plajaran ekonomi akuntansi yang itung" itu loo.. hehe intinya saya ngga suka matematika..
    kira" kalau saya kuliah enak nya masuk jurusan apa ya..
    1. saya suka seni.
    hampir semua alat musik mulai dari gitar , bass , suling , drum , piano , angklung , dll saya bisa.. walaupun tidak dikuasai betul.. menggabar juga saya mahir.. tapi saya ragu yang katanya kalau masuk jurusan seni untuk kedepannya tidak menjjanjikan dan tidak mudah mendapatkan pekerjaan..
    2. saya juga suka TIK..
    edit lagu,video,gambar/poto saya bisa tapii saya juga ragu dan katanya juga kalau saya masuk jurusan informatika , disana banyak matematika nya coz saya ngga suka..

    tolong bantu saya menentukan yang terbaik untuk masadepan saya.. orangtua menyuruh saya untuk masuk ke jurusan informatika tapi saya ragu dalam jurusan itu, karna katanya banyak matematika nya,, saya takut kalau dipaksakan bukan nya saya mengerti tapi malah sia sia nantinya..
    dan jujur sebenarnya jiwa saya jiwa seni, tapi saya ragu untuk menggeluti jurusan yang berhubungan dengan seni, karna saya takut masadepan saya tidak menentu nantinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak bisa menentukan masa depan seseorang, tapi kalau boleh ngasih saran lebih baik ikuti kata hati dan coba berbicara kepada keluarga. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa keluarga memiliki andil penting dalam kemajuan seseorang. :)

      Hapus
  33. Ka plis jawab pertanyaan soal songwriter,pengen banget jadi penulis atau komposer soalnya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari tau dulu apa beda dari song writer, composer, dan arranger. Nanti pasti bisa menentukan sikap sendiri. :)

      Hapus
  34. Perkenalkan nama saya Hanny kak, saya pemain biola sama piano.. skrg saya ud kelas 2SMA rencananya nanti kuliah mau ambil jurusan musik di universitas IKJ kalo gk di ISI cumann saya masih takut gk bs masuk soalnya.. saya membaca partiturnya masih kurang lancar jadi waktu mainkan jd bersalahan.. tp kalo tanpa partitut saya bisaa.. bisa di katakan saya lbh suka langsung mengingatnya, jadi yg saya ingin tanyakann tes masuknya itu apa aj yg d nilai? Dan pernah gk d kampus kakak yg gagal tes masuk? Tolong sedikit sharing dan sarannya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin menbaca partitur sangat berpengaruh pada hasil tes masuk, selain tentunya ada poin-poin yang bisa mendukung seperti menyanyi dan praktek instrumen. Ada banyak juga yang gagal dalam tes masuk, maka dari itu mulai sekarang coba dipertajam membaca partiturnya. :)

      Hapus
  35. Kak,aku mau bertanya...kalau kita masuk jurusan musik ,apakah syaratnya kita harus menguasai salah satu alat musik atau bisa juga tidak? tolong di jawab ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja harus ada minimal satu intrumen yang dikuasai

      Hapus
  36. Masbro , sy jga bass player , baca not yah , bisa sih , tp g lancar2 amat, pertanyaannya di ikj ad major electric bass atau contra aja? Dan tes nya perbedaan elektrik sama kontra dmn? Thx.bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mayor bass elektrik sudah ada mulai tahun 2013. Untuk perbedaan dua instrumen tersebut bisa dibaca di salah satu posting saya pada blog ini.

      Hapus
  37. Kak, ada notel yg bisa di hubungi?
    Soal nya saya juga jurusan seni musik, tpi di sumatera..
    Saya mau tanya2 soal musik lah...
    Salam kenal
    Music is my life :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tanya-tanya via email di kuliahmusikonline@gmail.com atau twitter @mrastanto :)

      Hapus
  38. Halo kak,saya mega,saya pengen banget masuk IKJ,saya mau perdalam piano,dari kecil saya sangat suka bermain piano,tapi karena kondisi dan keterbatasan dan juga dukungan orang tua yg kurang mendukung,saya akhirny jadi tidak bisa menentukan pilihan,sekarang saya kuliah jurusan manajemen tapi saya keluar karena saya sama sekali tidak menikmati jurusan itu,padahal uda semster 3,baru 6 bulan ini saya main piano lagi dirumah saya ada piano,tapi belajar ny ya gitu2 aja kurang brkembang karena ga ada yg ngajarin,menurut kaka apa saya les piano ajaa apa kuliah di ikj?tolong dibocorin di ikj persemester berapa?saya buka website ny tapi alurny ga jelas,saya jadi bungung.prospek kedepan ny gimana kalo lulus dari ikj?kaka sekarang krja dibagian apa?tolong di balas ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan itu ada ditangan anda, funsinya sama aja belajar musik mungkin bobotnya saja yg beda antara les dan kuliah. Untuk per semester yg sekarang saya kurang tau, terakhir yg saya tau adalah 6jt/smtr.

      Lalu jadi apa nantinya setelah kuliah tergantung dari masing-masing orangnya. Saat ini kesibukan saya mengajar anak-anak tunanetra, sekertaris di salah satu yayasan dan baru bergabung di sebuah band indie :)

      Hapus
  39. Apakah ujian testing di ikj harus kuat not baloknya kak?

    BalasHapus
  40. Kak saya kelas X. Saya masuk jurusan IPA. Kira2 bisa ga dari IPA ke seni musik ?

    BalasHapus
  41. ka saya pengen banget jadi DJ...apakah jurusan seni musik bisa membuat saya jadi DJ?minta sarannya ka....kalo mau jadi DJ harus ambil jurusan apa?

    BalasHapus
  42. Ka, saya mau nanya saya kelas XII, belum bisa main alat musik dan belum bisa baca not balok, tapi kata orang suara saya bagus. saya pengen banget kuliah di jurusan musik, menurut kk sya harus gmna?

    BalasHapus
  43. Halo kakak, aku pengen masuk jurusan musik nih....
    aku les piano dan biola dari kecil... dan aku tertarik sama orkestra...
    dan aku lebih minat untuk belajar jadi konduktor...
    aku merasa orang yang jadi dirigen itu keren banget. Memimpin semua instrumen musik.
    Aku cukup peka untuk membedakan suara 1 intrumen dari instrumen lainnya.

    aku mau nanya nih kak, ada peminatan untuk jadi konduktor nggak ya? yg kayak dirigen itu...
    nama peminatannya apa sih?

    BalasHapus