6 Jul 2012

Menganalisa L'éléphant (The Elephant) Karya Charles Camille Saint-Saëns


Biografi Charles Camille Saint-Saëns

Charles Camille Saint-Saëns adalah seorang composer, organist, conductor, and pianist. Ia lahir di Paris 9 Oktober 1835 dan wafat di Aljir 16 Desember 1921 pada usia 86 tahun. Nama Saint-Saëns  terkenal oleh komposisi-komposisinya antara lain, The Carnival of the Animals, Danse macabre, Samson and Delilah, Piano Concerto No. 2, Cello Concerto No. 1, Havanaise, Introduction and Rondo Capriccioso, dan Symphony No. 3 (Organ Symphony). Ayah Saint-Saëns  adalah seorang pegawai pemerintahan dan meninggal tiga bulan setelah Saint-Saëns dilahirkan. Ibunya bernama Clémence, membawa Saint-Saëns pindah kerumah bibinya Charlotte Masson setelah kepergian sang Ayah. Oleh bibinya itulah Saint-Saëns diajari cara bermain piano saat usianya masih dua tahun.

Komposisi yang pertama kali dibuat oleh Saint-Saëns adalah sebual karya kecil untuk piano dan sekarang karya itu disimpan di Bibliothèque nationale de France. Kecerdasan Saint-Saëns tidak hanya pada bidang musik. Terbukti saat berumur tiga tahun Ia sudah bisa membaca dan menulis, dan saat usianya tujuh tahun Ia telah mahir dalam bahasa latin.

Konser pertama Saint-Saëns adalah saat Ia berusia lima tahun dan membawakan Beethoven violin sonata. Dan sejak saat itu Ia mulai mempelajari secara mendalam partitur dari Don Giovanni. Pada 1842, Saint-Saëns mulai belajar piano dengan Camille-Marie Stamaty, seorang murid Friedrich Kalkbrenner, yang siswa-siswanya diajarinya bermain piano sementara bagian bawah lengan mereka diletakkan di sebuah papan yang diletakkan di depan tuts sehingga seluruh kekuatan si pianis muncul dari tangan dan jari-jemarinya dan bukan dari lengannya.

Pada usia 10 tahun, Saint-Saëns memberikan resital publiknya yang pertama di Salle Pleyel, dengan memainkan karya Mozart's Piano Concerto No. 15 in B-flat major (K. 450), dan beberapa karya Handel, Bach, Kalkbrenner, dan Hummel. Dan sebagai tambahan dalam konsernya, Saint-Saëns menawarkan diri untuk memainkan sonata manapun dari 32 sonata piano Beethoven lewat ingatannya. Berita tentang konsernya yang luar biasa ini menyebar ke seluruh Eropa, dan bahkan hingga ke Amerika Serikat lewat sebuah artikel di koran Boston. Ia kemudian belajar komposisi di bawah bimbingan Fromental Halévy di Conservatoire de Paris. Saint-Saëns memenangi banyak penghargaan terkemuka dan memperoleh reputasi yang menyebabkan ia diperkenalkan kepada Franz Liszt, yang kelak menjadi salah satu teman terdekatnya. Pada tahun 1886 Saint-Saëns membuat dua komposisi yang paling terkenal, The Carnival of the Animals dan Symphony No 3. Karya itu didedikasikan untuk Franz Liszt, yang meninggal tahun itu.

Sejarah L'éléphant (The Elephant)

L'éléphant (The Elephant) adalah salah satu gerakan dalam  karya Saint-Saëns yang berjudul Le carnaval des animaux (The Carnival of the Animals). Durasi Le carnaval des animaux sendiri sekitar 22-30 menit dengan 14 gerakan. Ia membuat karya ini saat sedang berlibur di sebuah desa kecil di Austria, Februari 1886. Partitur asli yang dibuat Saint-Saëns adalah untuk kelompok chamber flute/piccolo, clarinet (B flat and C), dua piano,harmonica, xylophone, dua violin, viola, cello dan double bass.

Pada saat itu Saint-Saëns sangat khawatir akan reputasinya sebagai seorang komposer, oleh karena kekhawatiran itu Ia hanya mempertunjukan satu dari empat belas dalam karya tersebut yaitu Le cygne. Ia hanya berani memperlihatkan keseluruh karyanya kepada teman terdekatnya Franz Liszt. Akhirnya setelah kematiannya karya itu mulai dipublikasikan seutuhnya pada tanggal 26 Februari 1922. Dan sejak saat itu Le carnaval des animaux mulai populer, bahkan mulai direkam dan diperbanyak lewat CD.

Inilah judul-judul dari Le carnaval des animaux :

  I.            Introduction et marche royale du lion (Introduction and Royal March of the Lion) 
 II.           Poules et coqs (Hens and Roosters) 
 III.        Hémiones (animaux véloces)
IV.         Tortues (Tortoises)
V.            L'éléphant (The Elephant)
VI.        Kangourous (Kangaroos)
VII.      Aquarium
VIII.    Personnages à longues oreilles (Characters with Long Ears)
IX.          Le coucou au fond des bois (The Cuckoo in the Depths of the Woods)
X.            Volière (Aviary)
XI.          Pianistes (Pianists)
XII.        Fossiles (Fossils)
XIII.      Le cygne (The Swan)
XIV.      Finale

L'éléphant adalah gerakan ke-lima pada Le carnaval des animaux. Karya ini dimainkan oleh double bass dan piano. Piano memainkan waltz dengan figur triplet, lalu double bass memainkan melodi dengan nada rendah. Sama hal dengan karya Saint-Saëns “Tortues”, kaya ini adalah lelucon musik yang menggambarkan seekor gajah. Materi tematik dalam karya ini diambil dari Scherzo from Mendelssohn's incidental music to A Midsummer Night's Dream dan Berlioz's "Dance of the Sylphs" from The Damnation of Faust.

Berikut ini adalah partitur L'éléphant : 



 

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar