7 Jul 2012

7 Alasan Mengambil Kuliah Di Jurusan Musik

Malu jadi mahasiswa jurusan musik??? Malu sama temen kalian yang lain yang jurusannya dokter, hukum, dan ekonomi?? Berikut ini adalah 7 alasan kenapa kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin menjadi mahasiswa musik : 
  1. Meningkatkan kualitas musik kita. Dengan kita kuliah di jurusan musik tentunya akan berpengaruh kepada kualitas musikalitas kita, karena mau tidak mau jam untuk latihan harus ditambah guna mengimbangi tuntutan kuliah.
  2. Menjadikan kita musisi akademis. Dengan kuliah musik tentu kita diwajibkan bisa membaca partitur musik, dan itu membuat kita menjadi musisi akademis. Tidak hanya mengandalkan skill bermain, tapi saat dihadapkan dengan partitur musik, kita bisa mengatasinya.
  3. Mengasah kemampuan kita menciptakan karya – karya yang berkualitas. Dengan ilmu dan materi yang didapat dari kuliah musik, kita jadi tau langkah – langkah maupun standar dalam menciptakan musik yang baik.
  4. Menambah relasi atau link ke musisi yang lain. Pergaulan jika kita kuliah di jurusan musik tentunya adalah dengan musisi – musisi juga. Jadi nantinya kita sudah mempunyai pegangan link yang kuat saat kita lulus.
  5. Mendapatkan penghasilan sendiri walaupun masih kuliah. Dengan relasi yang sudah dibangun di kampus, kita sudah bisa mencari uang sendiri saat masih kuliah. Dengan contoh : maen di orkestra, mengiringi pertunjukan seni, café ke café, acara pernikahan dan masih banyak lagi. Dengan sekali main saja bayarannya cukup buat makan mahasiswa selama sebulan. Hehehehe
  6. Lapangan kerja yang luas. Kata siapa lulusan musik tidak memiliki lapangan kerja yang luas?? Justru musik memiliki lapangan kerja yang sangat luas, antara lain pemusik, pengajar, penulis, kritikus, pengamat, soundman, dll. Sangat banyak dan tidak akan habis dibahas di sini, karena memang musik adalah kebutuhan manusia secara terus menerus.
  7. Dan yang terakhir dan paling penting. Kita menjadi mahasiswa yang keren jika menjadi mahasiswa musik dibandingkan dengan jurusan yang lain. Wkwkwkwk
Oleh karena itu, kalian ga perlu lagi untuk ragu masuk ke dunia musik.
Selamat datang teman!!!

Artikel Menarik Lainnya

166 komentar:

  1. saya lagi bingung nih, saya sekarang kelas XII SMA. bingung memilih antara kuliah di jurusan teknik industri atau kuliah jurusan musik,
    sebenarnya lebih cenderung memilih jurusan musik, tapi kemampuan dalam memainkan alat musik saya bisa dibilang masih sangat dasar :(
    saya bingung, apakah saya mampu menekuni dibidang tersebut.
    mohon kasih solusi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat musik apa yg biasa dimainin? Kenapa engga kursus/les aja? Kalo emng mau minat ke musik? Hehehe, Les aja, mungkin bisa juga les di Purwacaraka..

      Hapus
    2. Halo ka,maaf ka mau nanya;di jakarta ada unifersitas kesenian ga ?maksd aku univesitas swasta,soalnya aku nyari2 di internet ga ada,ada cuman 1 doang: Institut kesenian jakarta.selain IKJ ada ga ka?soalnya di IKJ ga ada jurusan musik,cuman ada pertunjukan musik,

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. saya lagi bingung nih, saya sekarang kelas XII SMA. bingung memilih antara kuliah di jurusan teknik industri atau kuliah jurusan musik,
    sebenarnya lebih cenderung memilih jurusan musik, tapi kemampuan dalam memainkan alat musik saya bisa dibilang masih sangat dasar :(
    saya bingung, apakah saya mampu menekuni dibidang tersebut.
    mohon kasih solusi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, bulatkan tekad dulu kalau mau ngambil jurusan musik. Karena rata-rata pendidikan musik cenderung mahal, antara lain yah bayar kuliah dan perlengkapan musik kita sendiri. Jangan sampai uang yang udah dikeluarin nantinya jadi sia-sia karena berhenti di tengah jalan.
      Kalau sudah yakin mulai memperdalam instrumen mulai hari ini, toh kamu masih punya waktu beberapa bulan buat mulai belajar membaca partitur dan lain-lainnya. Percaya aja kalau dalam belajar tidak ada kata telat.
      Sedikit cerita dari saya, dulu saat masuk kuliah saya sama sekali belum bisa memainkan contrabass, cuma bermodalkan sedikit kemampuan membaca part dan sedikit tehnik bass elektrik. Namun sekarang masih bisa bertahan di musik dan bisa dapet penghasilan yang lumayan dari main contrabass. :)

      Hapus
    2. gitu yah, perlengkapan musik yang dibutuhkan apa aja sih berdasarkan pengalaman dari kaka?
      prospek kerja bidang seni menjanjikan ngga sih menurut kaka pribadi?
      keseharian dalam kuliah di jurusan musik itu gimana sih ka & mata kuliahnya apa aja?
      maaf sebelumnya banyak tanya, tapi saya memang ingin benar2 tau :)

      Hapus
    3. oh iya, kaka lulusan dari universitas mana ya?

      Hapus
    4. Perlengkapan musik yang dibutuhin paling penting yah instrumen mayor yg kamu pilih. Bwt instrumen lain klw pengen nyobain bisa minjem sama kampus biasanya.
      Trus klw buat prospek kedepan sebenernya banyak bgt, tp balik lagi ke orgnya, seberapa giat dan seberapa banyak link yang dia punya. Kita kan maen musik ga sendiri, jd yg namanya temen tuh butuh bgt.
      klw mata kuliahnya selain praktek ada jg teori sampai sejarah seputar musik. Intinya sih klw kuliah musik ga bakal bosen, krn kita bisa belajar sambil bergembira. :D
      Oia, saya masih kuliah di IKJ, skrg baru semester 7. Mungkin klw kamu masuk IKJ tahun depan kita bisa ketemu. hehehe

      Hapus
    5. wew, jadi gtu yah. jadi seumpama instrument yang kita pilih piano, jadi kita harus punya grand piano gituh?
      tapi yang jadi masalah adalah, sampai saat ini pun saya masih mengalami kesulitan dalam membaca partitur. mungkin dalam seiring berjalanya waktu, saya rasa saya mampu. namun ada ketakutan2 yang membayang bayangi saya kalo2 nanti ketika saya berada pada bidang tersebut saya tidak mampu mencapai titik maksimal karena persiapan yang kurang maksimal pula :(
      weh weh... bukanya di IKJ biyayanya terbilang mahal iaa.. hehe :)
      yang ada di gambaran saya sih pengen masuk ISI aja, itu pun masih sekedar gambaran aja sih. hehe

      Hapus
    6. Wah, ga mesti grand piano jg, upright piano atau keyboard jg udah cukup sebenernya. Tapi ga bisa dipungkiri klw punya instrumen pribadi pasti bakal jd nilai plus buat waktu latihan, karena kan ga setiap jam kita bisa latihan di kampus.
      untuk pencapain kata maksimal dalam belajar, menurut saya ga ada batasnya. Karena kita kan belajar sepanjang hidup. Ga ada musisi yang berhenti belajar setelah dapet gelar sarjana. Jadi intinya pencapaian kata maksimal bisa didapat kalau kita sudah meninggal. :D
      Wah bagus klw mau masuk ISI, selain biaya hidup disana murah, pendidikanya jg bagus bgt. Saya doakan semoga diterima. Selamat datang di dunia musik.

      Hapus
    7. kak,, ajarin baca partitur dong :(
      susah nentuin tempo2nya

      Hapus
    8. Waduh, gmn ngajarinnya?? Kamu coba baca posting-posting saya saja. Baru kalau ada yg ga ngerti bisa ditanya. Untuk tempo, coba latihan pake metronome. Penting tuh latihan pake metronom. :)

      Hapus
    9. Kuliah seni bagusan LKJ atau ISI kak

      Hapus
  3. lewat media kayak youtube kak, hehee
    help me :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, untuk video materi memang belum ada di youtube. Tapi kalau kamu mau belajar musik bisa dateng ke pasaraya grande lt.3. Kakak ngajar teori musik di sana. :)

      Hapus
  4. di jurusan seni musik IKJ ada konsenterasi apa aja ya, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada perminatan komposisi, vokal, sama instrumen. Nah yang instrumen itu banyak, tergantung kamu maunya ngambil mayor apa. Contohnya biola, gitar, atau perkusi. :)

      Hapus
  5. Kak saya sebenernya ada minta bgt di musik , cuma ortu gk mendukung bwat kuliah musik , jdi sarannya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga punya specialyty di gitar , bass(dasar) sma drum !! tpi ortu juga gk mendukung !!

      Hapus
    2. Wah, kasus kaya gini emang banyak banget. Kakak dulu juga ga didukung buat kuliah musik. Itu tergantung gimana kamu ngeyakinin orang tua kamu aja. Banyak faktor kenapa orang tua ga dukung anaknya kuliah musik, salah satunya adalah pergaulan dan lingkungan musisi. Jadi coba diomongin baik-baik dulu, coba yakinin kalau kamu beneran serius di bidang ini. :)

      Hapus
  6. Aku mau nanya dong, aku bingung bgt cari jati diri menemukan jurusan yg cocok. Tp ternyata ga bisa di pungkiri aku emang ke musik.
    Tadinya mau UNJ karna setauku ada jurusan seni musik.
    Dan aku baru tau kalo itu jurusan untuk jadi guru.
    Pdhl aku punya keinginan untuk jadi musisi akademis yg jago main musik. Hehe
    Ada masukan ga? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kuliah di UNJ sebenernya ga ada masalah kok, tetep bisa menjadi musisi yang akademis. Mungkin memang diprioritaskan untuk jadi pengajar, tapi kan tetep aja kita yang menentukan mau apa nantinya kita di dunia kerja. Contohnya banyak juga kan sarjana hukum yang bekerja di luar jurusannya. Intinya gini, semua kampus dengan jurusan musik bakal bikin kamu jd musisi yang akademis, namun ga ada yang bisa menjamin kamu nantinya bakal jadi musisi. Bisa pengajar, penulis dan sebagainya. :)

      Hapus
  7. Kak? Kalau kuliah jurusan musik itu harus wajib bisa baca not ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus bisa, karena materi kuliahnya memang berhubungan dengan not balok. :)

      Hapus
  8. Mau tanya dong misalkan kita belum ada kemampuan dibidang musik tp ingin masuk kuliah musik kira2 persiapan nya itu apa ajah ? Terus klo kuliah musik itu kita bisa belajar semua nya atau satu yg kita pilih ajah ?
    #kasih masukan , haha biar ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk persiapan yg pokok seperti pemahaman pada not balok dan pendalaman instrumen yang nantinya akan dipilih.
      Kita ga belajar semua instrumen, materi kuliah biasanya ada mayor (intrumen utama pilihan kita), minor(instrumen tambahan pilihan kita), wajib (biasanya piano atau gitar, tergantung kampusnya). :)

      Hapus
  9. berarti itu kita wajib harus mehami not dulu ya ?
    kamu msih kuliah ?
    instrumen tmbahan itu biasa nya emng cuma dua ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang harus memahami not balok dulu kakak. Paling tidak kita mengerti secara teori.
      Benar, saya masih kuliah.
      Biasanya mata kuliah minor (intrumen tambahan) sampai 3 atau 4 semester, jadi jika ingin tiap semester pindah-pindah instrumen minor bisa saja. Tapi instrumen mayornya tetap dan tidak bisa pindah-pindah.

      Hapus
    2. Kalo kita nggk bisa baca not balok , dari keahlian emng nggk dinilai ?
      Kamu kuliah nya dimana ?

      Hapus
    3. Dari keahlian juga dinilai, namun kalau ga bisa baca not balok pasti penilaiannya akan berkurang. Contohnya peserta 1, nilai membaca not balok "B", keahlian "B", sight singing "B". Dengan peserta 2, nilai membaca not balok "E", keahlian "A", sight singing "E". Pasti prioritas kelulusan ada di peserta 1, walaupun keahliannya di bawah peserta 2. :)
      Saya kuliah di IKJ. :)

      Hapus
    4. Oh brrt hrs private dlu , klo private itu dajarin nggk cara baca not balok nya ?
      Tes nya cuma itu doang ya ?
      Oh di IKJ , saya mau masuk ISI jogja , udh semester brpa ?

      Hapus
  10. kak, kalo mau masuk jurusan musik itu yang di tes apa ya? hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin di setiap kampus beda-beda dan punya standar kelulusan sendiri. Tapi dari pengalaman saya tes ujian masuk jurusan musik antara lain, praktek, sight singing, dan sight reading. :)

      Hapus
    2. Sama-sama :)

      Hapus
  11. halo ka, ka aku mau nanya dong..aku itu suka bnget sama musik, wktu smp juga aku ikutan marchingband dan alat yg aku pgang itu snare, tpi stlah smk aku udh ga maen lgi jdi udh mulai lupa cra mainnya, aku juga ga bsa nyanyi trus ga bsa main alat musik lagi, tpi pngen msuk jurusan musik klo kuliah nanti..itu gmna ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, jarang nih yang kaya gini. Udah lama ga maen musik tapi mau kuliah musik. Emang udah yakin sama pilihannya?? Coba yakinin pilihan kamu dulu, kuliah musik itungannya mahal loh. Belum beli alatnya.

      Bukan mau memupuskan harapan atau mimpi kamu, tapi ada baiknya dipikirkan matang dulu. Kalau memang udah yakin ingin kuliah musik, mulai belajar musik dari sekarang. Coba buat kejar ketertinggalan kamu di musik. :)

      Hapus
  12. kak aku kan udh kelas 3 nih,pingin nya kuliah di ISI. tapi abis lulus g bs langsung kesana.lanjut disini dulu. kalo ntar ngelanjutin di ISI bs g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa donk, kan ga ada kata telat untuk belajar. :)

      Hapus
  13. Ka aku galau nih musik atau tari ya?

    BalasHapus
  14. Kak, apa kalo semisal masuk jurusan musik harus wajib bisa nyanyi (suaranya bagus) ? Semisal udah bisa menguasai 1 jenis alat musik + baca not balok tapi suaranya jelek, tapi nggak buta warna itu gimana? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara ga bagus gpp kok, emang itu kan sudah karunianya. Yang penting pitch'nya pas. :)

      Hapus
  15. Halo, panggil kk aja deh secara kayaknya lebih tua setahun kalo dilihat dr perkuliahannya. Saya baru semester 7 nih tapi bukan jurusan musik.
    Kak, tau informasi beasiswa S2 di bidang musik gak? Kalo bisa study abroad :D
    Pengen bgt nih walo skill cm secuil... Hehe..

    Btw, kk punya soundcloud gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuliah S2 untuk musik sekarang udah banyak kok. Jadi ga perlu khawatir. :)
      Di IKJ sendiri udah ada program S2 untuk musiknya.

      Saya ga punya soundcloud pribadi, adanya bareng band. Hehehehehe
      :D

      Hapus
  16. halo kak. mau tanya donk.. saya kelas XII niatnya sih mau masuk Musik, saya bisa nyanyi, prestasi juga lumayan,, not angka ok, not balok lumayan, tapi gak ada alat musik yang menguasai, itu gimana kak ? mohon bantuannya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau membaca not udah oke, sekarang tinggal perdalam instrumennya aja. Untuk vokal lebih direkomendasikan ke piano. Ga harus maestro, yang penting bisa ngiringin diri sendiri nyanyi. :)

      Hapus
  17. Bro ini gw niat bnget...tpi bisa dibocorin gk gw pgn ambil mayor gitar classic biaya brap sih skrng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk di IKJ biaya per semesternya 6 juta.

      Hapus
    2. Klo aku mau masuk jurusan musik tapi ambil mayor biola. Klo skill bilang teman" ku lumayan sih:)). Biaya nya berapa kira" ? . Klo alat nya punya sendiri . Trus . Di jurusan musik ada gak ya biajarin menulis lagu biar bisa nulis lagu sendiri :)) ?

      Hapus
  18. hai ka, saya pgn bgt masuk musik. saya skrg masih kelas XI, masih ada setahun lg buat belajar. kira2 apa yg perlu saya pelajari ya ka supaya bisa masuk musik? ohiya, saya jg sudah bisa sedikit2 dlm bermain gitar tapi cuma gitar aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah bisa maen gitar, sekarang tinggal belajar baca partitur. :)

      Hapus
  19. Saya mau brtanya, dari sekalian alumni ikj jurusan musik, udah brp orang yg berhasil mnjadi musisi trkenal? Saya skrg ikut teacher training di yamaha musik slama stahun. Nanti saya lulus jd guru musik. Saya mau lanjut kuliah tp masih mikir2. klo ujung2'a jd guru sya lbih baik gk usah lanjut kuliah musik

    BalasHapus
  20. Batasan umur untuk kuliah musik ada ga? Saya sekarang umur 32 apa masih bisa kuliah di ikj atau kampus musik lainnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan untuk terus belajar kok.

      Hapus
  21. hai kak,' mau nanya, kalo mau masuk jurusan musik itu harus tau not balok ya? ga boleh cuma not angka aja? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua-duanya sama-sama perlu, tapi lebih perlu not balok. :)

      Hapus
  22. mau nanya doong... Awal masuk kuliah musik itu ngapain aja? Apa mempelajarin dari awal banget lagi tidak? Mohon dijawab. Terima kasih:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari awal sampe lulus yah materi belajarnya yah lebih banyak tentang musik. :)

      Hapus
  23. Aldy Topandean...

    Hai kak, mau tanya, kalau di IKJ untuk Seni Musik ada jurusan khusus untuk Vokal gak yach, soalnya saya berminat dan bakat saya adalah sebagai seorang Vokalis, untuk alat musik yang tidak menguasai? Mohon jawaban dan penjelasannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mayor vokal ada kok, biasanya vokalis minimal butuh satu pegangan intrumen yang dia kuasai. Lebih bagus lagi kalau intrumennya piano. :)

      Hapus
  24. Kak mau tanya dong, saya juga pengen masuk jurusan musik. Pingin di IKJ biar bisa tinggal di rumah aja. Tapi emangnya di IKJ termasuk mahal ya? IKJ itu semacem PTN gitu gaksih? Terus kalo mau instrumen mayornya piano, harus udah jago gak? Saya bisa sih main piano, dan emang udah lama banget belajarnya, tapi kayaknya masih biasa aja.
    Oiya terus di IKJ ada instrumen apa aja? Terompet ada gak? Saya juga rada bisa main terompet soalnya.
    Kalo jurusan musik banyak diajarin soal bikin aransemen lagu nggak kak? Soalnya saya pingin banget bisa aransemen lagu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mahal itu relatif yah, tapi kalau dibandingin sama PTN, IKJ bisa dibilang cukup mahal. Intrumen trumpet ada kok.
      Kalau aransemen juga diajarin, masuk mata kuliah orkestrasi. :)

      Hapus
  25. Bro gw umur 26
    Gw pengen bgt masuk.akdmi.musik.ikj..tp.gw sama skali.ga.bsa baca not balok. Gw otodidak..kira2 lulus tes ga ya.
    ?? Blz y

    BalasHapus
  26. kak, aku minat masuk ikj.
    bisa piano sama alat tiup.
    tapi, klo mau ambil mayor lain macem alat gesek seperti contrabass, kan sama sekali ga bisa, boleh ga dari 0 kalo ambil mayor?
    ga punya contra juga, ada nya electric bass (ga bs maen jg).

    boleh ga ya kalo belom punya alatnya??
    klo tes masuk tesnya gimana?

    ada mos ga? ga ada senioritas kan?
    soalnya sekolahku seniortas.

    bales ya kak makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang bisa melarang kita buat main instrumen apa, namun setiap institusi pasti punya kebijakan dan standarnya sendiri. Saran saya lebih baik ikutin kata hati aja, masalah lulus atau tidak yang penting sudah mencoba.

      Hapus
  27. Kak,mau nanya,,
    Kalo cuma bisa maen drum aja bisa gak masuk fakultas musik???
    Sebenarnya saya otodidak tapi mau les musik bwt belajar baca notnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saya pun cuma bisa main bass saja tidak bisa main instrumen lain.

      Hapus
  28. Minor di ikj ada saxophone ga?

    BalasHapus
  29. kak, misi mau nnya.. kalau lulusan STM bsa gak kak msuk k seni musik tu? aku pngen bnget jurusan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saya punya juga teman yang lulusan STM.

      Hapus
  30. ass.. maaf saya mau nanya, menurut anda perkuliahan yg berkualitas dan alumni nya jos jos semua di bandung itu apa nama perkuliahan musik nya? saya baca di stsi ga ada jurusan musik di website nya.. apa bener? fast respon ya saya masih kelas 2 SMA ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk STSI saya tidak mau berkomentar karena memang saya kurang tau. Untuk masalah kampus apa yang bagus, balik lagi ke personal masing-masing. Kampus tidak menjamin masa depan mahasiswanya.

      Hapus
  31. Haloo, aku suka sama musik, dan kepikiran akan kuliah musik. Aku bisa main piano & gitar tp kunci2 dasar pop aja, bukan yang classic gitu. Aku juga udah punya pengalaman nyiptain 7 lagu, kalau masalah vocal sih aku kurang handal, aku bercita2 jadi songwriter aja. Kalau di IKJ itu ada mata kuliah songwriting gt gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal yang bagus jika sudah bisa menciptakan karya. Untuk masalah mata kuliah songwriting tidak ada tapi ada mayor komposisi. Nah sekarang cari tau dulu apa bedenya song writer dengan composer :)

      Hapus
  32. saya bingung nih mau kuliah di jurusan mana.. saya anak ips.. tapi ngga suka plajaran ekonomi akuntansi yang itung" itu loo.. hehe intinya saya ngga suka matematika..
    kira" kalau saya kuliah enak nya masuk jurusan apa ya..
    1. saya suka seni.
    hampir semua alat musik mulai dari gitar , bass , suling , drum , piano , angklung , dll saya bisa.. walaupun tidak dikuasai betul.. menggabar juga saya mahir.. tapi saya ragu yang katanya kalau masuk jurusan seni untuk kedepannya tidak menjjanjikan dan tidak mudah mendapatkan pekerjaan..
    2. saya juga suka TIK..
    edit lagu,video,gambar/poto saya bisa tapii saya juga ragu dan katanya juga kalau saya masuk jurusan informatika , disana banyak matematika nya coz saya ngga suka..

    tolong bantu saya menentukan yang terbaik untuk masadepan saya.. orangtua menyuruh saya untuk masuk ke jurusan informatika tapi saya ragu dalam jurusan itu, karna katanya banyak matematika nya,, saya takut kalau dipaksakan bukan nya saya mengerti tapi malah sia sia nantinya..
    dan jujur sebenarnya jiwa saya jiwa seni, tapi saya ragu untuk menggeluti jurusan yang berhubungan dengan seni, karna saya takut masadepan saya tidak menentu nantinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak bisa menentukan masa depan seseorang, tapi kalau boleh ngasih saran lebih baik ikuti kata hati dan coba berbicara kepada keluarga. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa keluarga memiliki andil penting dalam kemajuan seseorang. :)

      Hapus
  33. Ka plis jawab pertanyaan soal songwriter,pengen banget jadi penulis atau komposer soalnya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari tau dulu apa beda dari song writer, composer, dan arranger. Nanti pasti bisa menentukan sikap sendiri. :)

      Hapus
  34. Perkenalkan nama saya Hanny kak, saya pemain biola sama piano.. skrg saya ud kelas 2SMA rencananya nanti kuliah mau ambil jurusan musik di universitas IKJ kalo gk di ISI cumann saya masih takut gk bs masuk soalnya.. saya membaca partiturnya masih kurang lancar jadi waktu mainkan jd bersalahan.. tp kalo tanpa partitut saya bisaa.. bisa di katakan saya lbh suka langsung mengingatnya, jadi yg saya ingin tanyakann tes masuknya itu apa aj yg d nilai? Dan pernah gk d kampus kakak yg gagal tes masuk? Tolong sedikit sharing dan sarannya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin menbaca partitur sangat berpengaruh pada hasil tes masuk, selain tentunya ada poin-poin yang bisa mendukung seperti menyanyi dan praktek instrumen. Ada banyak juga yang gagal dalam tes masuk, maka dari itu mulai sekarang coba dipertajam membaca partiturnya. :)

      Hapus
    2. Kak... saya juga mau masuk Di isi di jurusan S1 pendidikan musik... saya bisa memainkan drumm,bioala... Kalok biola cumak otodidak.. kalok drum baru baru kini aku biar tambah bisa aku iku les privat kak.. tapi blm bisa baca not balok.. mohon saranya..

      Hapus
  35. Kak,aku mau bertanya...kalau kita masuk jurusan musik ,apakah syaratnya kita harus menguasai salah satu alat musik atau bisa juga tidak? tolong di jawab ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja harus ada minimal satu intrumen yang dikuasai

      Hapus
  36. Masbro , sy jga bass player , baca not yah , bisa sih , tp g lancar2 amat, pertanyaannya di ikj ad major electric bass atau contra aja? Dan tes nya perbedaan elektrik sama kontra dmn? Thx.bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mayor bass elektrik sudah ada mulai tahun 2013. Untuk perbedaan dua instrumen tersebut bisa dibaca di salah satu posting saya pada blog ini.

      Hapus
  37. Kak, ada notel yg bisa di hubungi?
    Soal nya saya juga jurusan seni musik, tpi di sumatera..
    Saya mau tanya2 soal musik lah...
    Salam kenal
    Music is my life :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tanya-tanya via email di kuliahmusikonline@gmail.com atau twitter @mrastanto :)

      Hapus
  38. Halo kak,saya mega,saya pengen banget masuk IKJ,saya mau perdalam piano,dari kecil saya sangat suka bermain piano,tapi karena kondisi dan keterbatasan dan juga dukungan orang tua yg kurang mendukung,saya akhirny jadi tidak bisa menentukan pilihan,sekarang saya kuliah jurusan manajemen tapi saya keluar karena saya sama sekali tidak menikmati jurusan itu,padahal uda semster 3,baru 6 bulan ini saya main piano lagi dirumah saya ada piano,tapi belajar ny ya gitu2 aja kurang brkembang karena ga ada yg ngajarin,menurut kaka apa saya les piano ajaa apa kuliah di ikj?tolong dibocorin di ikj persemester berapa?saya buka website ny tapi alurny ga jelas,saya jadi bungung.prospek kedepan ny gimana kalo lulus dari ikj?kaka sekarang krja dibagian apa?tolong di balas ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan itu ada ditangan anda, funsinya sama aja belajar musik mungkin bobotnya saja yg beda antara les dan kuliah. Untuk per semester yg sekarang saya kurang tau, terakhir yg saya tau adalah 6jt/smtr.

      Lalu jadi apa nantinya setelah kuliah tergantung dari masing-masing orangnya. Saat ini kesibukan saya mengajar anak-anak tunanetra, sekertaris di salah satu yayasan dan baru bergabung di sebuah band indie :)

      Hapus
  39. Apakah ujian testing di ikj harus kuat not baloknya kak?

    BalasHapus
  40. Kak saya kelas X. Saya masuk jurusan IPA. Kira2 bisa ga dari IPA ke seni musik ?

    BalasHapus
  41. ka saya pengen banget jadi DJ...apakah jurusan seni musik bisa membuat saya jadi DJ?minta sarannya ka....kalo mau jadi DJ harus ambil jurusan apa?

    BalasHapus
  42. Ka, saya mau nanya saya kelas XII, belum bisa main alat musik dan belum bisa baca not balok, tapi kata orang suara saya bagus. saya pengen banget kuliah di jurusan musik, menurut kk sya harus gmna?

    BalasHapus
  43. Halo kakak, aku pengen masuk jurusan musik nih....
    aku les piano dan biola dari kecil... dan aku tertarik sama orkestra...
    dan aku lebih minat untuk belajar jadi konduktor...
    aku merasa orang yang jadi dirigen itu keren banget. Memimpin semua instrumen musik.
    Aku cukup peka untuk membedakan suara 1 intrumen dari instrumen lainnya.

    aku mau nanya nih kak, ada peminatan untuk jadi konduktor nggak ya? yg kayak dirigen itu...
    nama peminatannya apa sih?

    BalasHapus
  44. hai kak, saya kelas xii ipa, saya masih bimbang nih mau kuliah musik atau apa..
    saya bisa bermain piano, gitar, bass, drum, itu semua saya belajar otodidak, saya sangat buta dengan yg namany not balok.. saya sih mau fokus ambil di piano, tapi ga bisa baca not nya..
    nah di sana itu ad di ajarin ga cara baca not balok nya dari awal.. nah kalau ada, kuliah disana nanti positive bisa ga membaca not balok nya.

    tolong kak balasannya.. thx before

    BalasHapus
  45. Kebetulan kak admin jurusan musik di IKJ,ada beberapa hal yg mau sy tanya karena susah cari infonya:
    1.Jurusan Musik dibagi berdasarkan pilihan seperti vokal,perkusi,dll atau belajar semuanya?
    2.Tes Masuk jurusan musik seperti apa?
    3.Bagaimana kehidupan sosial/pergaulan jurusan musik di sana?
    Tolong jawabannya karena lagi bingung memilih kampus hehe..terimakasih

    BalasHapus
  46. Kak. Saya ada rencana ingin masuk isi, saya belajar piano klasik, not balok udah lumayan lancar, tapi tanpa partitur belom bisa main dan belom bisa ngiringin orang untuk nyanyi.
    Itu gimana ya kak sebaiknya?apa saya

    BalasHapus
  47. Kak saya mau tanya. Kalo vokal itu ada baca notnya gak ya ka? Terus kalo kuliah musik di IKJ itu mengarah ke musik tradirisional atau modern? Terus kalo kelas vokal itu cowonya banyak atau engga ya? Atau kebjanyakan cewenya? Makasih

    BalasHapus
  48. kakak, aku kan udh kls XII trs mau ambil ke musik di ISI. Bekalnya bisa main piano, tp blm terlalu bisa baca partitur not balok. Klo not angka udh cukup bisa sih. Kalau not balok teori yg dasar udah pasti bisa ya tinggal diperdalam aja. Menurut kakak bisa nggak ya? Pengen bisa msk sana nih kak.

    Oh iya, ISI itu perguruan tinggi negeri kan? Berarti bisa ikut SNMPTN (jalur undangan) nggak ya? Tolong dijawab ya kak butuh info bgt nih hehe makasih bnyk:D

    BalasHapus
  49. Stelah baca postingan dr kakak kayaknya kuliah jurusan musik itu keren juga saya suka musik kak apalgi drum tp saya hanya tau irama yang dasar,apa nnti di kuliahan masih di ajarin tehnik dasar atau gimana kak?

    BalasHapus
  50. kakak,akukan udah kelas XII nih terus aku mau ambil fakultas seni musik diISI YOGYAKARTA dalam bidang keyboad pop-jazz
    tapi kemampuanku dalam keyboard/piano bisa dibilang masih sangat sederhana
    terus membaca not balok aku juga belum bisa dikatakan mampu
    jadi gimana dong kak,padahal keiginanku besar sekali masuk ke ISI YOGYAKARTA
    kasih solusi dong kak :)

    BalasHapus
  51. Kalau mau ambil khusus vokal ada apa enggak ya kak?

    BalasHapus
  52. Kak ada info biaya buat yang ambil seni musik di IKJ

    BalasHapus
  53. Kak ak mau kuliah musik. Ak bsa maen drum secara otodidak. Ak biasa ngiringin d greja. Ak bru belajar partitur. Tpi basic ak tntang drum msh sedikit kira2 bsa masuk gk y ke fakultas musik?

    BalasHapus
  54. Ka aku mau bgt kuliah musik, aku suka bgt sm musik, aku bs maen alat alat musik. Tp sy cm bs cr beasiswa soalnya kerjaab sy ngamen ka. Please info klo ada yg tau ttg beasiswa tau sekolah musik murah

    BalasHapus
  55. Aku jg bs maen alat musik modern sm tradisional ka. Semoga ada yg bs membantu ksh info

    BalasHapus
  56. Kak saya sudah klsXII saya pengen banget sklh musik, vokal saya bagus, tetapi saya gak bisa main alat musik
    Apa ada sklh khusus vokal kak?
    T'rus kalo saya ingin bljr alat musik, alat musik apa yg baik untuk saya pelajari kak??
    #mohon sarannya ya kak butuh bangat nih :-)

    BalasHapus
  57. haiii kak, nama gue christine gue baru lulus tahun lalu jurusan akuntansi tapi passion gue ada di musik, dan gue bisa mainin beberapa alat musik ( gitar,bass,drum ) tapi ga menguasai hanya sekedar bisa. ortu nyuruh gue kuliah jd sarjana ekonomi yg intinya berhubungan sm akuntansi dan itung2an duit lagi tp gue ngerasa jiwa gue bukan di itung2an duit secara gue orangnya selebor kak. alesan gue yg lain gamau masuk akuntansi di perkuliahan :
    1. passion gue di musik
    2. gue jg suka sm dunia broadcasting, tp kata ortu waktu kita bakalan dihabisin sm kesibukan
    3. klo soal dit gue suka selebor gmn mau kerja di bank? matih-_-
    4. gue sangat tidak suka akuntansi karna ada pelajaran pajak yg bikin gue mumet-_-

    klo boleh gue minta saran dari kakak, gue mau kuliah di UNJ jurusan akuntansi yg disuruh sm ortu tp passion gue jg di musik itu gmn ye kak??? dan apa aja sih kak pengalaman lo di dunia perkuliahan musik? menjanjikan ga penghasilanya? dan kit bakalan ketemu musisi kelas TV gitu ga sih kak?

    tolong saranya ya kak, thanks Godbless you...

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum kak , ane baru kls 3 sma rencananya mau ambil kuliah jurusan musik di bandung STIMB , mau numpang nanya kak , kalo udh lulusan sarjana musik tuh pekerjaan yg tersedia apaan aja sih? Soalny msh bingung banget utk ngeyakinin ortu pekerjaannya apaan aja , sblmnya makasih kak , tolong dijawab yah

    BalasHapus
  59. Halo kak, minta saran dong. Kalo utk kuliah jurusan musik di daerah tangerang-jakarta dimana ya?
    Dan apa ada kendala dalam mencari pekerjaan nantinya dalam lulusan musik?

    BalasHapus
  60. Kak,aku bisa main drum dan gitar.Kalo aku ambil jurusan perkusi bisa ga?not balok lumayan lancar.Terus uang untuk setiap semesternya berapa?aku kelas XII sekarang hehehe

    BalasHapus
  61. Kak..aku galau nihh..aku masih kelas 3SMA..kalo mau masuk jurusan musik itu harus punya alatnya kak? aku baca not angka bisa..tapi buta not balok. Haduhhh :'( trs aku bisa memainkan semua alat musik seperti saxophone, flute, guitar, bass, piano, aku juga bisa nyanyi.. tapi aku blm punya spesialisasi, pengen punya alatnya tapi kepentok di biaya kak. Gimana ya kak? Pencerahannya dong :'(

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Kak aku pengin banget kuliah dijurusan seni musik menjadi pengajar. Dari kelas 2 SMP aku sudah kursus gitar klasik di Yamaha Music School (Gitar Klasik). Untuk baca not ya oke, lagu klasik ya oke, nyanyi ya oke, udah pernah nyiptain lagu tapi belum aku tulis di partitur -_- aku gak bisa nulisnya walau aku bisa baca not :( Aku pengin dapet SNMPTN tapi pelajaran seni ku disekolah adalah seni rupa. Pernah seni musik hanya 1 semester saja yaitu waktu kelas X semester 2. Dan sisanya adalah seni rupa. Aku itu tidak jago dengan seni rupa jadi nilai ku yang tadinya naik krn ada seni musik skrg turun smpe sekarang (aku kelas XII). Apakah aku bisa mendapatkan SNMPTN seni musik dengan seperti itu? Aku jurusan Bahasa (bukan IPA/IPS) jadi aku hanya berharap dengan SNMPTN.
    Tolong dibalas ya kak... aku butuh pencerahan...

    BalasHapus
  64. Halo kak admin. saya lulusan STM, saya punya rencana jika terkumpul biaya, saya ingin masuk STIMB atau ISI Jogja. permasalahannya, saya memang belum paham not balok, dan bisa bermain drum dengan otodidak, tapi saya aktif dalam pembuat musik kamar dengan PC saja. cukup banyak lagu yg sudah saya buat. nah, apa itu bisa jadi salah satu pertimbangan dan penilaian tes?

    BalasHapus
  65. kak, numpang nanya. aku skarang kls XI, dan bngung mlih jrusan klo udh lulus nnti, minatnya di musik dn pngin msuk ISI. aq skrg ambil les gitar msih dasar tp gra" ssuatu, aq jdi pngin ngambil les piano. tp gk punya piano di rumah. lah, aq pngin msuk ISI kan, kira" bisa gak ya? trus di universitas" itu jurusan musik dibagi lgi beda kelas jdi kyk piano, biola, dll atau dijadiin 1? di ISI biayanya mahal gak ya? trus klo kuliah musik ada skripsi juga gak? hehe mkasih

    BalasHapus
  66. Saya mau bertanya
    Saya kelas XII IPA
    Saya dari SD suka dengan musik ,saya bisa bernyanyi seriosa dengan otodidak, saya hanya bisa bernyanyi dan main gitar sedikit ,dan saya beatboxer female, tapi saya dipaksa orang tua untuk masuk kuliah jurusan ipa tidak boleh berhubungan dengan seni ,padahal cita2 saya dari kecil ingin menjadi penyanyi, orang tua saya takut jika saya ambil jurusan seni musik gitu takutnya setelah lulus tidak ada pekerjaan, dan saya lihat untuk sks cukup banyak, saya bingung harus memilih bakat saya apa mengikuti kemauan orang tua saya, dan tolong jelaskan lebih dalam mengenai jurusan vocal bisa?dan adakah?
    Saya dalam membaca partitur kurang paham
    Semua yang saya lakukan itu otodidak

    BalasHapus
  67. Kak . Aku mau masuk jurusan musik . Aku sudah kuasain biola sama piano . Kalo aku milih 2 sekaligus bisa ??? . Trus ad gak yg ngajarin nulis lagu ???? . Soalnya pengen banget bisa nulis lagu . Trus masalah membaca partitur . Bisa gak belajarnnya otodidak??? .Btw ak kelas 1 SMA .

    BalasHapus
  68. Permisi kak , mau tanya nih . Kira" berapa ya biaya buat masuk ikj , sama per semester nya juga ?? Thx

    BalasHapus
  69. Permisi kak , mau tanya nih . Kira" berapa ya biaya buat masuk ikj , sama per semester nya juga ?? Thx

    BalasHapus
  70. Ka kalo gua bisa maininin banyak alat musik tapi ngga ada satupun yang gua kuasain (ga jago-jago bgt) cumaan sekedar bisa, termasuk nyanyi. Kira-kira udah bisa jadi modal buat masuk di perkuliahan musik ngga?
    Kasih saran dong ka. Makasih

    BalasHapus
  71. Kak saya sekarang kelas 10. Saya sudah pernah mendaftar di SMM. Karena saya kurang peka thdp nada saya bisa masuk SMM dengan mengulangnya tahun depan, dengan kata lain saya tidak diterima tahun ini, sementara SMM adalah sekolah yang saya impikan sejak SD. Salah satu guru sekolah itu sudah mengajari saya banyak cara dan melatih saya agar peka terhadap rangsang nada, agar saya bisa mengulanginya tahun depan. Saya sekarang bersekolah diSMA umum dan ayah saya memberi saya kesempatan untuk memilih apakah ingin berlanjut di SMA biasa namun tetap berkuliah di jurusan musik atau mengulang diSMM kembali ke kelas 1 bersekolah 4 tahun ditingkat sekolah menengah dan harus tetap konsisten dengan jurusan musik. Mohon sarannya kak saya harus bagaimana. Terimakasih:)

    BalasHapus
  72. assalamualaikum kak....mau nanyak,jd kalau masuk dijurusan musik itu intinya kita harus bisa baca partitur...?saya minat sekali kak untuk dimusik ini tapi saya hanya bisa memainkan musik angklung saja,dan saya blm memahami tentang partitur,apakah untuk masuk kejurusan musik dengan kemampuan saya itu sulit ya kak...? tolong solusinya ya kak....

    BalasHapus
  73. Kao seumpama di jurusan musik aku ambil di kategori vocal apa bisa ya kak ?

    BalasHapus
  74. Hmm, kalo mau sklh musik. Yang benar benar menjunjung karir, dimana yah kak? Mau bngt kuliah jurusan musik niii :(

    BalasHapus
  75. ingin kuliah di fakultas seni musik namun tidak mengikuti les private melainkan otodidak, apa kans untuk diterima nya cukup besar ?

    BalasHapus
  76. ka maaf mau nanya saya kan sekarang kelas X dan kenaikan nanti saya bingung mau milih jurusan apa,ipa atau ips yang nyambung sama musik karena saya ingin kuliah di jurusan musik. mohon dibalas dan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah bingung mau masuk jurusan IPA/IPS karena dua2nya gak ada hubungannya sama musik. Kalo kamu mau kuliah dimusik, dari sekarang coba kamu les musik diyamaha atau dipurwacaraka untuk bisa baca partitur/not balok, sekaligus alat musik apa yang mau kamu mainkan. Karena belajar not balok itu gak sebentar dan butuh waktu yang cukup agak lama kalau ingin mahir membaca not balok. (Bantu jawab)

      Hapus
  77. ka maaf mau nanya saya kan sekarang kelas X dan kenaikan nanti saya bingung mau milih jurusan apa,ipa atau ips yang nyambung sama musik karena saya ingin kuliah di jurusan musik. mohon dibalas dan terimakasih

    BalasHapus
  78. Aku bingung,mau ngambil ptn atau kuliah musik.Basic Piano pop,klasik bisa dikit.Bisa bass,gitar Dan drum dikit dikit.Bisa ngatur sound dikit dikit Dan aransemen.Bisa mixing dikit dikit.Baru kelas XI ,jadi bingung nih.Ane anak IPA

    BalasHapus
  79. Kak, ada sosial media/contact yg bs dihubungin gak? Terimakasih..

    BalasHapus
  80. kak sekarangkan aku udh lulus SMA terus mau lanjut kuliah.
    karna emg hobby sama musik, trus mau mendalami tentang dunia musik, aku itu pengen banget masuk kuliah musik kak, jadi kira2 kalo modal cuman bisa main salah satu alat musik sama bisa nyanyi tapi gk bisa baca not balok sma partitur itu bisa masuk gak tesnya kak?

    BalasHapus
  81. Kak mau tanya, kalau ambil jurusan gitar, lebih baik sekarang belajar gitar classic atau pop?? Jika kuliah musik lebih baik yg mana diutamakan??

    BalasHapus
  82. Kak saya pingin banget masuk jurusan musik di daerah bandung, menurut kaka perguruan tinggi musik di daerah bandung yg bagus apa ya? Tapi bukan untuk jadi guru ketika sudah sarjana. Mohon masukannya kak :)

    BalasHapus
  83. hai kak aku riska, mau nanya.
    saya mau tes nih di ISI padang oanjang jurusan musik, menurut kk bagus? pengennya IKJ cuma gaada saudara di jakarta~
    terus mau nanya kak? harus seberapa paham ya kita sm not balok? saya pernah les keyboard sm gitar klasik tapi kata guru saya, saya lemah baca not balok suka nakal main feeling aja-__- wdyt ya kak? apa nanti saya bakal kesusahan hahahaha mohon pencerahannya

    BalasHapus
  84. Permisi, kak saya mau tanya. Saya mau masuk jurusan musik,saya masih kelas 9 smp,tapi saya belum tau apakah di IKJ,ISI Yokyakarta,STIMB itu harus dari jurusan Ipa ataukah Ips. Kira kira kalau mau masuk musik itu harus jirusan apa ya? (Ipa/Ips/ dua dua nya bisa)

    BalasHapus
  85. Permisi, kak saya mau tanya. Saya mau masuk jurusan musik,saya masih kelas 9 smp,tapi saya belum tau apakah di IKJ,ISI Yokyakarta,STIMB itu harus dari jurusan Ipa ataukah Ips. Kira kira kalau mau masuk musik itu harus jirusan apa ya? (Ipa/Ips/ dua dua nya bisa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa aja bisa. tmnkiuu paket c aja bisa masuk kmrn kok msk di isi..

      Hapus
  86. Kak aku mau nanya. Aku pengen banget kuliah musik, tapi aku basicnya nyanyi klasik.. kalo alat musik aku bisa gitar, itu juga baru belajar beberapa bulan terakhir ini. Jadi dengan kemampuan aku yg sehitu, kira" aku bisa gak sih kulia musik?

    Trus klo kita milih instrumen minor tapi gak ada dasar apa", itu gimana? Apa nanti di ajarin atau kita harus belajar sendiri?

    BalasHapus
  87. Kk klo kuliah musik bayarannya kira2 brpa ya Kk?
    Tlong dijwb y Kk 😄🙏

    BalasHapus
  88. Bryan Christopher9/30/2016 12:06 AM

    Udh kelas 12 nih , dan udh membulatkan tekad buat lanjut kuliah musik , prospek kerja buat lulusan musik bagus dan menjanjikan masadepan ga sih min ? Trus buat pengasilan awal lulusan musik bisa dibilang besar ga ya ? Makasih

    BalasHapus
  89. kak aku pengen banget banget banget banget masuk seni musik. pilihan pertama aku sebenrnya di ISI kak cuma kata senior aku lulusnya sekitar 7 tahun gitu jadi beralih ke UPI ambilnya pendidikan soalnya biar bisa jadi guru musik. tapi masalahnya aku anak IPA. kira kira kalo lintas jurusan bakal dapet SNMPTN ga? ortu juga g amendukung banget maunya aku jadi dokter. kalo aku pinter mah ya gapapa deh-_- haha. aku juga punya lumayan banyak prestasi dibidang vokal. pernah sampai tingkat nasional. kalo untuk ins aku bisa laaaah 'sikit-sikit' main piano/keyboard gitu tapi aku buta not balok hix hix. belajar not balok autodidak bakal lama ga ka? soalnya aku sekolah ber asrama dan susah kalo mau les musik. DOAIN AKU BISA YAKININ ORTU AKU MASUK SENI MUSIK UPI YA KAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo g slh hrus pnya dasar dlu mbk.klo mw bareng bareng daftar di IKJ invit pinku d bawah ya.berjuang....

      Hapus
  90. Kak, aku kls 2 sma.. Rencananya kelas 3 nanti mau masuk sekolah musik. Tapi, katanya ortu kalo sekolah musik nanti gak bisa dapet ijazah sma. Apa itu benar? Tapi, untuk apa juga aku belajar semua mata pelajaran yg nantinya semua itu gak digunakan lagi waktu kuliah nanti. Aku mau ambil jurusan musik, kak. Mohon dijawab karna ini penting bgt :'(..makasih

    BalasHapus
  91. Yg mw ikut masuk IKJ ayo sama sama nipinku D2559AAB

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Kak kalau Alat Musik Dj bisa gak kak cuma itu yang bisa saya mainkan walau tidak jago amat sih kak

    BalasHapus
  94. Kak mau bertanya nih, saya mau masuk jurusan musik unj lewat jalur snmptn 2017, nah apa saja syarat2 dasar untuk bisa masuk jurusan musik? saya sendiri punya keahlian memainkan instrumen diantaranya gitar dan drum. namun saya agak lemah dalam membaca not atau partitur. mungkin ada saran? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  95. Kak mau bertanya nih, saya mau masuk jurusan musik unj lewat jalur snmptn 2017, nah apa saja syarat2 dasar untuk bisa masuk jurusan musik? saya sendiri punya keahlian memainkan instrumen diantaranya gitar dan drum. namun saya agak lemah dalam membaca not atau partitur. mungkin ada saran? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  96. Biaya jurusan musik dibanding arsitektur mahalan yang mana kak? Lalu saya bisa main biola, kalau saya ingin jadi pemain orkestra apa saya harus jadi lulusan sarjana musik?

    BalasHapus
  97. kak,kalo kuliah musik ada yang prodi buat conducting gk kaka? kira2 kalo yang kuliah musik ada yang di undang buat ikutan di orkestra2 gitu gk ka ?

    BalasHapus
  98. bang kalo gabisa baca not balok tapi bisa baca tablature boleh ?

    BalasHapus
  99. aq sih pingin banget kuliah jurusan seni musik ... tapi di kota ku gak ada fakultas yg punya jurusan itu

    BalasHapus
  100. Pagi ka, mau nanya Nih saya Matthew baru aja lulus SMA
    Dan mau lanjut sekolah / kuliah musik
    Tapi kebetulan vokal suara saya lumayan bagus
    Tapi saya belum mahir buat mainin alat musik seperti Gitar dan piano, jadi saya mau nanya ka
    Yang lebih mudah untuk dipelajari dulu itu Gitar atau Piano ya. Karna saya baca minimal calon pelajar harus bisa menguasai alat musik minimal satu
    Tolong Saran nya ka. Saya mau banget jadi penyanyi / musisi professional

    BalasHapus
  101. Ka boleh minta email atau kontak yang bisa dihubungi??

    BalasHapus
  102. ka,aku mau msk di ikj nih ka, aku pengen belajar piano, saxophone, sama biola, kira kira, dalam 8 semester, itu bisa di perbolehkan pelajarin semua gak di ikj? Aku pun belum bisa sama sekali ke 3 musik itu, tolong ka saran sama jawabannya ka hehe

    BalasHapus
  103. kalo di ikj jurusan musik, tes nya apa aja ya kak?

    BalasHapus
  104. kalo di ikj jurusan musik, tes nya apa aja ya kak?

    BalasHapus
  105. Saya sekarang kelas 12 SMA dan saya ingin tahu bagaimana peluang masuk ke jurusan musik di universitas..dalam hal ini saya ingin masuk ISI,kira" tipsnya apa saja ya supaya saya biaa bersaing melalui SNMPTN?saya jurusan ipa dan sudah lancar membaca partitur,serta memainkan instrumen piano...apakah hal lain yg perlu saya perhatikan dalam memilih univ?

    BalasHapus