5 Jul 2012

Belajar Dasar Ilmu Harmoni (bag 2)

Ini adalah posting lanjutan dari Belajar Dasar Ilmu Harmoni (bag 1)

CHAPTER V

Inversi V7
Inversi diperbolehkan dalam akord V7 , ada 3 inversi dalam akord V7 :
1.       Terts menjadi bass: B-D-F-G
                  
2.       Kwint menjadi bass: D-F-G-B
                  
3.       Septime menjadi bass: F-G-B-D
                 
·         Penyelesaian dan resolusi masih sama dengan akord V7 biasa
·         Apabila akord V7 nya inversi akord I nya full chord
·         Di sebagian kasus, resolusi tidak bisa dilakukan.  Bila ini terjadi tetap kerjakan seperti biasa tapi tanpa resolusi.
CHAPTER VI

DERIVATIONS OF V7

Akord V9
Akord V9 adalah Akord V7  dengan Penambahan nada ke 9 Dari Root nya.
Untuk akord V9 terdapat 2 jenis balikan yaitu V9 (inv I) dan V9 (inv 2)
                                      
Untuk penulisan akord V9 masih sama dengan akord V7 hanya saja ada penambahan peraturan baru, yaitu :
a)      Kwint hilang dan digantikan oleh super tonik
b)      Super tonik (9) harus menjadi sopran
c)       Antara sopran dan alto tidak boleh berjarak second
d)      Antara sopran dan alto boleh lebih dari satu oktaf
Akord V13 atau V7 dengan sekta juga memiliki 2 akord balikan yaitu V13 (inv I) dan V13 (inv 2)
                                    
Untuk penulisan akord V13 memiliki peraturan sebagai berikut :
a)      Kwint hilang digantikan oleh sekta
b)      Sekta harus menjadi sopran
c)       Antara sopran dan alto tidak boleh berjarak second  
d)      Antara sopran dan alto boleh lebih dari satu oktaf
e)      Penyelesaian masalah pada akord V9 dan V13 menuju ke I masih menggunakan resolusi kwint diminished dan kwart augmented
                             
Namun untuk penyelesain akord V9 (inv 1) dan V13 (inv 1) harus menuju ke I
                                
Berbeda dengan akord V9 (inv 2) dan V13 (inv 2) yang harus menuju ke I

CHAPTER VII

NON – CHORD TONES
·         Non – chord tones adalah nada-nada yang bukan bagian dari akord tersebut.
·         Paralel Hanya Terjadi  di Outer voice ( Bass – Sopran )

Non – chord tones terdiri dari :
1.       Changing tones : nada yang melangkah naik / turun dengan interval 2nd kemudian kembali ke nada akord dan biasanya ada di ketukan lemah.
2.       Passing tones : nada yang melangkah naik / turun dengan interval 2nd namun tidak kembali ke nada awal dan biasanya di ketukan lemah.
3.       Suspension : nada dari akord pertama yang ditahan ketika akord berganti dan diresolusi di ketukan setelah akord kedua. Biasanya suspension ada di ketukan kuat.
4.       Anticipation : nada dari akord kedua yang berada setelah akord pertama berbunyi dan biasanya terjadi di ketukan lemah.

5.       Neighbouring tone : seperti suspension namun tanpa preparation. Biasanya tepat pada ketukan yang kuat bukan pada up beat.
6.       Neighbouring tone left by skip : nada neighbouring tone yang bergerak melangkah 2nd lalu melompat.
7.       Neighbouring tone approached by skip : nada Neighbouring tone yang bergerak melompat lalu melangkah 2nd.
                   8.  Excetionally : nada bebas atau tidak termasuk dalam akord pertama maupun kedua.

Artikel Menarik Lainnya

5 komentar:

  1. Gan, tlong dong kasih cntohnya.. msal lagu apa gitu trus dibagi jd SATB... Maklum newbi.. thanks sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalau disini ga muat. Ntar coba saya upload SATB aransemen saya yah. Terima kasih sudah berkunjung. :)

      Hapus
  2. Nice sjare dan cukup jelaz... Thanks ya

    BalasHapus
  3. Ilmu harmoninya sangat membantu. Terima kasih banyak. 😊

    BalasHapus
  4. salam .. izin untuk materi siswa/i SMP

    BalasHapus