8 Jul 2012

Belajar Interval Pada Musik (bag 2)

Ini adalah posting lanjutan dari Belajar Interval Pada Musik (bag 1)

Pada posting kali ini kami akan menjelaskan tambahan - tambahan pada penamaan interval. Seperti yang kita ketahui dari posting Belajar Interval Pada Musik (bag 1), bahwa interval terbagi dalam beberapa nama. Namun perlu kita ketahui juga penambahan seperti perfect, mayor, minor, augmented, dan diminish. Jadi interval natinya bisa disebut second mayor, terts minor, quart augmented, quint diminish, dll.


Untuk lebih detailnya, perhatikan tangga nada chromatik berikut ini!!
a-ais/bes-b-bis/C-CIS/DES-D-DIS/ES-E/FES-F/EIS-FIS/GES-G-GIS/AS-A
 (jika mengalami kesulitan membaca tangga nada diatas, silahkan membaca posting kami sebelumnya)

Tangga nada diatas akan kita pakai sebagai contoh dalam menguraikan istilah mayor, minor, augmented, dan diminish dalam interval.
  • Perfect : Untuk interval yang lompatanya sama seperti tangga nada mayor/ionian yang biasa, namun hanya digunakan untuk prime, quart, dan quint. Contoh : C ke F (quart perfect), E ke B (quint perfect), a ke A (prime perfect)
  • Mayor : Untuk interval yang lompatanya sama seperti tangga nada mayor/ionian yang biasa, namun  digunakan selain untuk prime, quart, dan quint. Contoh : C ke D (second mayor), bes ke A (septim mayor), E ke GIS (terts mayor)
  • Minor : Untuk interval yang lompatanya sama seperti tangga nada mayor/ionian yang biasa, namun nada keduanya dikurang setengah (1/2) jarak nada. Contoh : C ke DES (second minor), a ke G (septim minor), F ke AS (terts minor)
  • Augmented : Untuk interval yang lompatanya sama seperti tangga nada mayor/ionian yang biasa, namun nada keduanya ditambah setengah (1/2) jarak nada. Contoh : C ke DIS (second augmented), a ke DIS (quart augmented)
  • Diminish : Untuk interval yang lompatanya sama seperti tangga nada mayor/ionian yang biasa, namun nada keduanya dikurang satu (1) jarak nada tapi untuk prime, quart, dan quint dikurang setengah nada (1/2) jarak nada. Contoh : C ke ESES (terts diminish), a ke GES (septim diminish), G ke DES (quint diminish), a ke AS (prime diminish)
Setelah mengetahui istilah perfect, mayor, minor, diminish, dan augmented, interval juga terbagi dalam dua bagian lagi. Yaitu interval naik dan interval turun. Untuk interval ke nada yang lebih tinggi/naik, sebagai contoh adalah C ke D (second mayor keatas) dan C ke G (quint perfect keatas). Lalu untuk interval ke nada lebih rendah atau turun, sebagai contoh C ke b (second minor ke bawah), dan D ke a (quart perfect ke bawah).

Artikel Menarik Lainnya

1 komentar: