9 Jul 2012

Belajar Tangga Nada (bag 1)

Tangga nada merupakan salah satu elemen penting dalam musik, dan ini merupakan ilmu yang semestinya dimiliki oleh setiap musisi. Tangga nada sendiri mempunyai arti sebagai sebuah susunan nada yang membentuk suatu skala secara bertahap atau berjenjang. Dalam musik sendiri tangga nada dibagi lagi menurut jumlah nada dan jarak setiap nada. Seperti : 

  • Tangga Nada Diatonik
  • Tangga Nada Kromatik
  • Tangga Nada Pentatonik
  • Tangga Nada Modus
Pada bagian ini kita akan mengulas tentang tangga nada diatonik lebih dahulu. Yang pertama, apa itu tangga nada diatonik? Tangga nada diatonik adalah suatu susunan tangga nada yang disusun dari 8 nada, dimana nada pertama sebagai awalan dan akhiran dari tangga nada tersebut. Tangga nada diatonik terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu tangga nada diatonik mayor dan tangga nada diatonik minor.

Tangga nada diatonik mayor adalah tangga nada yang paling sering dipakai dalam musik. Tangga nada diatonik mayor mempunyai rumus jarak nada 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Agar lebih mudah, mari lihat contoh di bawah ini.

Tangga nada mayor :
C -(1)- D -(1)- E -(1/2)- F -(1)- G -(1)- A -(1)- B -(1/2)- C'

Tangga nada diatas adalah tangga nada dasar diatonik mayor. Tangga nada tersebut nantinya bisa dikembangkan lagi, dalam arti tangga nada tersebut bisa kita mulai dari nada apa saja pada ilmu musik, misalnya Des, G atau B.

Berikutnya adalah tangga nada diatonik minor, untuk tangga nada ini dibagi dalam 2 tangga nada minor yang umum, yaitu tangga nada minor harmonik dan tangga nada minor melodik. Untuk tangga nada minor harmonik dengan rumus 1-1/2-1-1-1/2-1+1/2-1/2. Contoh : 

Tangga nada minor harmonik :
A -(1)- B -(1/2)- C -(1)- D -(1)- E  -(1/2)- F -(1+1/2)- Gis -(1/2)- A'

Sama seperti tangga nada mayor di atas, tangga nada minor juga dapat diterapkan pada setiap nada pada ilmu musik. Selanjutnya untuk tangga nada minor melodik, sedikit berbeda pada tangga nada lainnya. Tangga nada minor melodik berbeda antara jalur assending dan jalur dessendingnya. Berikut ini adalah contohnya : 

Tangga nada minor melodik naik (assending) : 
A -(1)- B -(1/2)- C -(1)- D -(1)- E -(1)- Fis -(1)- Gis -(1/2)- A'

Tangga nada minor melodik turun (dessending) :
A -(1)- B -(1/2)- C -(1)- D -(1)- E -(1/2)- F -(1)- G -(1)- A'


Artikel Menarik Lainnya

2 komentar:

  1. mantap gan postingannya sangat bermanfaat sekali bagi saya yang awan tentang tangga nada ini makasih yaa atas sharenya... kalo ada waktu maen yaa di blog ane di http://minzscreamo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan atas apresiasinya. :)
      Saya juga udah mampir ke blog agan, mantap blognya. Iklannya juga udah banyak.

      Hapus