13 Jan 2013

Komunitas Rumah Angklung (Muda, Cerdas, dan Menginspirasi)


Hallo teman-teman musisi dan para penikmat musik, udah lama juga yah Kuliah Musik Online ga muncul keperedaran.

Kali ini kita mau sedikit bercerita tentang sebuah komunitas musik di Jakarta yang oke banget. Namanya Rumah Angklung, tempatnya di Pasaraya Grande lt. 3 Blok M. Kenapa kita bilang oke banget, yah jelas aja ditengah gempuran boyband yang justru membesarkan musik negara lain (sebut saja K-POP) hehe, mereka (Rumah Angklung) tetap berdiri membesarkan musik Indonesia. Membesarkan kebudayaan dan warisan nenek moyang kita dengan gaya yang tentunya anak muda banget.




Dalam komunitas yang terbilang sudah cukup besar dan makin berkembang ini, justru rumah angklung terdiri dari para anak muda. Anggota mereka didominasi oleh mahasiswa dan pelajar SMA. Hebat kan?? Itu baru namanya pemuda Indonesia harapan bangsa.

Secara umur mungkin Rumah Angklung masih terbilang muda, tapi secara pengalaman, hmm jangan ditanya. Mereka sudah sering main di acara yang terbilang oke. Salah satunya di World Music Festival Bamboo Nusantara VI. Berita tentang mereka juga pernah ada di ANTV dan Kompas TV loh. Terus denger-denger sih mereka bulan April nanti mau maen di Turki. Tuh kan, keren kan??

Selain sebagai komunitas musik yang sering disibukan dengan jadwal manggung, ternyata di Rumah Angklung juga ada pembelajaran musik secara akademis loh. Jadi para anggotanya setiap hari sabtu mendapat materi seperti teori musik barat, antara lain membaca not balok dan dasar-dasar ilmu harmoni. Edan ga tuh?? Ngalahin orang yang kuliah musik kalau gini caranya.

Ya tapi itulah Rumah Angklung, komunitas musik dengan konsep yang oke, beranggotakan anak muda, dan terus melestarikan budaya bangsa kita. Jadi buat para musisi muda yang ingin ikut serta melestarikan budaya Indonesia dan memperdalam ilmu musiknya, buruan deh dateng ke Pasaraya Grande lt. 3. Atau kalian juga bisa langsung menghubungi via twitter @RumahAngklung. Kalau bukan kita yang menjaga budaya kita, lalu siapa lagi???


Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar